Pengertian Sampah dan Jenisnya

Written by Avicenna Education. Posted in artikel

kali ini Les privat sidoarjo akan membagikan Artikel yang membahas tentang Pengertian Sampah dan Jenisnya.

lesprivatsidoarjo.net

lesprivatsidoarjo.net

Sampah merupakan material sisa baik dari hewan, manusia, maupun tumbuhan yang tidak terpakai lagi dan dilepaskan ke alam dalam bentuk padatan, cair ataupun gas.

Sampah Bedasarkan sifatnya

  • Sampah Organik

Sampah yang mudah terurai/membusuk oleh proses kimia alam (biodegradability) seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering dan sejenisnya. sampah jenis ini masih bisa di oleh menjadi olahan lain seperti pupuk kompos.

Istilah lain dari sampah Organik adalah Biodegradable: yaitu sampah yang dapat diuraikan secara sempurna oleh proses biologi baik aerob atau anaerob, seperti: sampah dapur, sisa-sisa hewan, sampah pertanian dan perkebunan.

  • Sampah An Organik

Sampah yang tidak dapat terurai/membusuk oleh proses kimia alam seperti material plastik, material besi seperti kaleng dan sejenis, material kaca dan material kertas. sampah yang dapat dioleh dan digunakan kembali karena memiliki nilai secara ekonomis, hal ini disebabkan sampah Anorganik memiliki material/ bahan yg sulit untuk rusak oleh proses  biologi baik aerob atau anaerob. contoh seperti botol air mineral yang dapat di daur ulang kembali menjadi botol air mineral dan produk lainya yang mengunakan bahan/material dasar plastik.

 

Sampah Berdasarkan Bentuknya

A.Sampah padat/Limbah padat.

Menurut Kamus Istilah Lingkungan sampah adalah bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga untuk maksud biasa atau utama dalam pembikinan atau pemakaian barang rusak atau bercacat dalam pembikinan manufaktur atau materi berkelebihan atau ditolak atau buangan.  Sedangkan Dr. Tandjung, M.Sc. mengatakan bahwa sampah adalah sesuatu yang tidak berguna lagi, dibuang oleh pemiliknya atau pemakai semula.

Berdasarkan ciri atau karakteristik sampah maka dikelompokkan menjadi:

  1. Garbage, terdiri dari zat-zat yang mudah terurai
  2. Rubbish, seperti karet, kayu, dan kaca
  3. Ashes, semua sisa pembakaran dari industri
  4. Street sweeping, sampah dari jalan atau trotoar
  5. Dead animal, bangkai binatang besar
  6. House hold refuse, sampah campuran
  7. Abandoned vehicle, bangkai kendaraan

B.Sampah cair/Limbah cair.

Bahan cairan yang telah digunakan dan tidak diperlukan kembali yang terlarut dalam air, selalu berpindah dan tidak pernah diam. Contoh limbah cair adalah air bekas mencuci pakaian, air bekas pencelupan warna pakaian, dan sebagainya. sampah cair/limbah cair terbagi dua jenis yaitu

  1. Sampah manusia  yaitu sampah yang dihasilkan dari proses percernaan manusia seperti urien dan fases. sampah manusia dapat menjadi bahaya bagi kesehatan karena terkandung bakteri dan virus.
  2. Sampah konsumsi yaitu sampah yang dibuang ketempat sampah ataupun ketempat pembuangan seperti sampah dapur rumah tangga, kamar mandi dan tempat cucian.

C.Sampah gas/limbah gas.

Limbah zat (zat buangan) yang berwujud gas. Limbah gas dapat dilihat dalam bentuk asap. Limbah gas selalu bergerak sehingga penyebarannya sangat luas. Contoh limbah gas adalah gas pembuangan kendaraan bermotor. Pembuatan bahan bakar minyak juga menghasilkan gas buangan yang berbahaya bagi lingkungan.

semoga Artikel dari kami Les privat sidoarjo bermanfaat untuk anda!!

 

Tags: , ,

Trackback from your site.

Avicenna Education

Avicenna Education - Les Privat Sidoarjo

Leave a comment