Menu
Jam buka 10.00 - 19.00 WIB

Hubungi Kami

031-5048006

Pengertian Kabel UTP

0 Comment

Kali ini Les privat sidoarjo Akan Membagikan Artikel tentang jaringa komputer yang Berupa kabel UTP

kabel

Kabel UTP merupakan salah satu media transmisi yang paling banyak digunakan untuk membuat sebuah jaringan local (Local Area Network), selain karena harganya relative murah, mudah dipasang dan cukup bisa diandalkan. Sesuai namanya Unshielded Twisted Pair berarti kabel pasangan berpilin/terbelit (twisted pair) tanpa pelindung (unshielded). Fungsi lilitan ini adalah sebagai eleminasi terhadap induksi dan kebocoran. Sebelumnya ada juga kabel STP (Shielded Twisted Pair)

Untuk pemasangan kabel UTP, terdapat dua jenis pemasangan kabel UTP yang umum digunakan pada jaringan komputer terutama LAN, yaitu Straight dan Cross. Perbedaan dari keduanya adalah susunan kabel yang berbeda. Sedangkan untuk fungsinya adalah jika kabel cross digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang sama. Misalnya saja PC dengan PC, HUB dengan HUB, Router dengan Router, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk fungsi kabel Stright yaitu untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda, misalnya saja PC dengan HUB, HUB dengan Switch, dan lain sebagainya.
 -Untuk Membuat Kabel UTP Straight dan Crossover harus mempunyai alat-alat sebagai berikut :
1.Tank Crimping adalah alat untuk memotong kabel UTP dan untuk menjepit ujung konektor.
2.Kabel UTP kita gunakan untuk saling menghubungkan jaringan internet dan di dalam kabel UTP ini terdapat 8 helai kabel kecil yang berwarna-warni.
3.Konektor RJ-45 adalah alat yang kita pasang pada ujung kabel UTP tujuanya agar kabel dapat kita pasang pada port  LAN. Konektor RJ-45 harus dipasangkan pada ujung kabel UTP apabila tidak maka Kabel UTP tidak akan berguna.
4.Lan Tester adalah alat untuk menguji hasil crimpingan kabel kita, kalau krimpingan kita salah maka lampu di Lan Tester ini tidak akan menyala dan kalau hasil crimpingan kita sudah benar maka lampu di Lan Tester akan menyala dengan otomatis, jadi alat ini sangat berguna bagi kita untuk mengetahui hasil crimpingan kita.
A.Kabel Straight
Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung yang lainnya.
Urutan standar kabel straight adalah seperti dibawah ini yaitu sesuai dengan standar TIA/EIA 368B (yang paling banyak dipakai) atau kadang-kadang juga dipakai  sesuai  standar TIA/EIA 368A.
-Cara Pemasangan kabel tipe Straight
1. Kupas bagian ujung kabel UTP, kira-kira 2 cm.
2. Buka pilinan kabel, luruskan dan urutankan kabel sesuai standar gambar.
3. Setelah urutannya sesuai standar, potong dan ratakan ujung kabel,
4. Masukan kabel yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ-45, dan pastikan semua kabel posisinya sudah benar dengan posisi sebagai berikut : Putih Orange , Orange , Putih Hijau , Biru , Putih Biru , Hijau , Putih Coklat ,  Coklat.
straight
5. Lakukan crimping menggunakan crimping tools, tekan crimping tool dan pastikan semua pin (kuningan) pada konektor RJ-45 sudah “menggigit” tiap-tiap kabel. biasanya akan terdengar suara “klik”.
  -Kegunaan Kabel Tipe Straight
   1.Menghubungkan antara computer dengan switch
   2.Menghubungkan switch ke router
   3.Menghubungkan switch ke router
   4.Menghubungkan computer dengan LAN pada modem cable/DSL
   5.Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL
B.Kabel Cross
Kabel cross merupakan kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu dengan ujung lainnya. Kabel cross digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama.
  -Cara Pemasangan Kabel Tipe Straight
Membuat kabel cross memiliki langkah yang hampir sama dengan kabel straight, perbedaan hanya terletak pada urutan warna dari kedua ujung kabel. Berbeda dengan kabel straight yang memiliki urutan warna sama di kedua ujung kabel, kabel cross memiliki urutan warna yang berbeda pada kedua ujung kabel.
urutan warnanya adalah sebagai berikut : Putih Orange , Orange , Putih Hijau , Biru , Putih Biru , Hijau , Putih Coklat , Coklat.
cross
   -Kegunaan Kabel Tipe Cross
   1.Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung
   2.Menghubungkan 2 buah switch
   3.Menghubungkan 2 buah hub
   4.Menghubungkan switch dengan hub
   5.Menghubungkan komputer dengan router
Semoga Artikel dari kami Bermanfaat!!!
Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Les Privat Surabaya - SIdoarjo : Avicenna Webdesain