Menu
Jam buka 10.00 - 19.00 WIB

Hubungi Kami

031-5048006

Cara Menggali potensi Diri

0 Comment

 

graduation1

Potensi diri itu harus digali, sama seperti minyak bumi. Tidak ada minyak yang berada di atas tanah. Kita harus mencari lokasi yang tepat untuk menggali minyak. Kedalamannya pun tidak selalu sama. Ada yang cepat ditemukan, ada juga yang perlu menggali lama karena minyaknya ada jauh di kedalaman.

Berikut ini : Cara menggali potensi diri

1.Mengenali Diri Sendiri

Buatlah daftar untuk pertanyaan untuk diri sendiri apa yang membuat saya bahagia? Apa saja kelebihan dan kelemahan saya? Apa sebenarnya minat dan bakat saya? Jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan sejujurnya kalau perlu minta bantuan keluargamu atau sahabatmu untuk menilai kelebihan/kelemahan minat dan bakatmu.

2.Tentukan Tujuan Hidup

Tentukan tujuan hidup anda baik itu tujuan jangka waktu pendek maupun jangka panjang secara realistis. Realistis maksudnya sesuai dengan kemampuan dan kompetensi Anda. Menentukan tujuan yang jauh boleh saja asal diikuti oleh semangat untuk mencapainya.

3.Temukan Bidang apa saja yang kita senangi

Sesuatu yang penuh gairah dan semangat kita lakukan. Tanpa harus diminta atau disuruh. Anda akan melakukannya secara sukarela tanpa dibayar, bahkan anda mau mengeluarkan uang untuk apa yang anda lakukan. Inilah yang disebut dengan hobi. Seseorang yang punya hobi tertentu akan melakukannya dengan sepenuh hati. Hobi bisa membawa kebahagiaan dan juga penghasilan.

4.Hilangkan pikiran Buruk

Enyahkan pikiran-pikiran negatif yang bsa menghambat langkah anda mencapai tujuan. Setiap kali anda menghadapi hambatan, jangan menyalahkan orang lain. Lebih baik coba evaluasi kembali langkah anda, mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Kemudian melangkahlah kembali jika anda telah menemukan jalan yang mantap.

5.Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Mungkin kami telah berusaha melakukan segala daya untuk mencapai suatu tujuan. Tetapi mengalami kegagalan, jangan terlalu menyesali  kesalahan diri sendiri. Hal ini hanya akan membuang-buang waktu dan energy. Lebih baik waktu dan energy kamu manfaatkan untuk bangkit kembali. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan pelajaran berharga untuk mencapai keberhasilan yang tertunda.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Les Privat Surabaya - SIdoarjo : Avicenna Webdesain